Senin, 15 Agustus 2011

motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika


BAB I

PENDAHULUAN

A  Latar Belakang Masalah

Lembaga pendidikan (sekolah) merupakan wadah para siswa dalam menggali ilmu pengetahuan, salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi tingkat hasil belajar siswa adalah motivasi belajar yang ada pada diri siswa. Adanya motivasi belajar yang kuat membuat siswa belajar dengan tekun yang pada akhirnya terwujud dalam hasil belajar siswa tersebut. Oleh karena itulah motivasi belajar hendaknya ditanamkan pada diri siswa agar dengan demikian ia akan dengan senang hati akan mengikuti materi pelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah. Perlu ditanamkan pada diri siswa bahwa dengan belajarlah akan mendapatkan pengetahuan yang baik, siswa akan mempunyai bekal menjalani kehidupannya di kemudian hari.
Hal– hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada diri siswa dapat timbul dari dirinya sendiri, lingkungan sekolah maupun dari lingkungan keluarga. Dari lingkungan sekolah misalnya guru di samping mengajar juga hendaknya menanamkan motivasi belajar kepada siswa yang diajarnya. Banyak siswa yang tidak termotivasi belajar mengakibatkan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itulah sekolah hendaknya mengkondisikan lingkungannya sedemikian rupa dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar

1
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia tahun 1991 dalam (http://duniapsikologi.dagdigdug.com/2008/11/27) pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.
 Begitu pula halnya bila kita lihat dalam proses belajar mengajar matematika siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari matematika  akan melakukan kegiatan lebih cepat dibandingkan dengan siswa yang kurang termotivasi dalam mempelajari matematika. Siswa yang yang memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari matematika maka prestasi yang diraih juga akan lebih baik. Adapun siswa/siswi yang menganggap pelajaran matematika adalah salah satu  pelajaran yang susah di pahami dan cenderung malas dalam mengikutinya ataupun memerhatikan pelajaran  yang di sampaikan sehingga nilai pada hasil pelajaran masih kurang baik dan belum memenuhi standar sekolah di MTs Miftahul Ulum Sitiaji. Mengingat akan pentingnya motivasi belajar ini dalam kegiatan belajar mengajar, maka sudah seharusnya berbagai pihak yang terkait dengan bidang pendidikan menaruh perhatian sebaik-baiknya.



Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengadakan penelitian dengan judul” Hubungan Antara Motivasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Studi Kasus Pada Kelas VII di MTs Miftahul Ulum Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro.”

 

B  Rumusan Masalah

Berdasarkan  latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah penelitian: Apakah terdapat hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Sitiaji?

C  Tujuan Penelitian

    Untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Sitiaji.

D  Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :

1.      Bagi Guru

Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan yang positif bagi pelaksanaan proses pembelajaran, dikaitkan dengan hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Sitiaji.

2.      Bagi Siswa

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar dalam mata pelajaran matematika supaya bisa meraih hasil yang diinginkan.

3.      Bagi Peneliti

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti sendiri guna meningkatkan profesionalisme di bidang penelitian dan pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar